Skip to content

Tips Membeli Kelinci Peliharaan

Memelihara hewan merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di waktu senggang. Selain dapat mengurangi stres, memelihara hewan juga dapat meningkatkan tingkat kepekaan dan kepedulian terhadap makhluk hidup lain. Salah satu hewan yang menyenangkan untuk dipelihara adalah kelinci. Hewan berbulu lembut yang satu ini aktif bergerak sehingga Anda tidak akan mudah bosan meskipun hanya dengan melihatnya berlarian kesana kemari di kebun atau pekarangan rumah Anda. Pun hewan ini banyak dijual di berbagai tempat.

Menyesuaikan Kelinci Peliharaan Dengan Kebutuhan Pemelihara

Namun sebelum Anda membeli, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, sesuaikan jenis dengan tujuan Anda memelihara. Contohnya jika Anda ingin memelihara untuk sekedar hobi, maka belilah jenis hias, bukan jenis indukan atau pedaging. Kedua, pilihlah yang usianya sudah lebih dari tiga bulan karena sebelum usia tersebut, hewan masih membutuhkan induknya.

Ketiga, lihat matanya apakah berbinar atau terlihat lesu. Dari melihat matanya kita bisa sedikit mendapat petunjuk mengenai kesehatannya. Keempat, lihat lubang pembuangannya. Jika terlihat agak basah atau merah, ada kemungkinan menderita diare. Yang terakhir yaitu harganya. Jangan memilih kelinci yang terlalu murah atau terlalu mahal.

Untuk Lepus Nigricollis atau varietas lokal, harganya tergolong murah yaitu Rp 120.000 – Rp 150.000 per pasang. Varietas Dutch atau Belanda termasuk varietas yang memiliki bulu pendek dengan warna coklat, abu-abu, hitam atau putih. Harga varietas ini berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 2.000.000. Varietas Angora memiliki harga yang lebih tinggi yakni sekitar Rp 250.000 hingga Rp 3.000.000 per ekor. Varietas lain yang memiliki kisaran harga yang sama dengan Angora adalah Flemish Giant, meskipun jenisnya berbeda karena Flemish Giant bisa tumbuh besar hingga mencapai 22 kg.

Varietas selanjutnya yaitu Lop dengan ciri khas telinganya yang menggantung ke pipi seperti anjing. Harga varietas Lop ini lebih tinggi dari Angora yakni Rp 300.000 hingga Rp 4.000.000. Varietas lain yang memiliki kisaran harga yang sama dengan varietas Lop adalah Rex. Rex memiliki karakteristik khas yaitu bulu yang super lembut sehingga jenis ini sering dibudidayakan untuk diambil bulunya. Dari sekian banyak varietas kelinci yang disebutkan di atas, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.