Skip to content

Pulau Tidung, Destinasi Wisata Di Kepulauan Seribu

Indonesia memang memiliki banyak sekali destinasi wisata. Baik wisata budaya maupun wisata alam. Meskipun sangat banyak sekali tempat wisata di negeri ini, tetap saja beberapa destinasi wisata yang itu-itu saja sangat ramai dikunjungi di momen-momen tertentu. Padahal, masih banyak destinasi wisata yang patut Anda kunjungi yaitu wisata Pulau Tidung.

Letak Pulau Tidung

Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi wisata yang digemari oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Selain karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari Kota Jakarta, Pulau Tidung juga menawarkan keindahan pantai yang tentunya dapat membawa suasana berbeda bagi para penduduk kota metropolitan. Dari Jakarta, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 5,9 KM.

Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau Tidung ini terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kedua bagian Pulau Tidung ini dihubungkan dengan Jembatan Cinta. Anda dapat menuju Pulau Tidung melalui Muara Angke dengan menggunakan KM Express Bahari dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Tentunya perjalanan wisata Pulau Tidung akan sangat menyenangkan karena Anda akan disuguhi panorama laut yang hijau dan jernih.

Meskipun Pulau Tidung ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berbentuk kepulauan, namun jika Anda berkunjung ke sana maka Anda akan menemukan pemukiman penduduk dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman. Selain itu beberapa fasilitas umum seperti Kantor Polisi dan Sekolah ada di pulau ini. Anda akan menemui beberapa warung di sepanjang jalan menuju Jembatan Cinta yang menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil.

Pada jembatan penghubung ini, Anda akan menemukan bagian jembatan yang cukup tinggi untuk kemudian melalui cekungan laut yang agak dalam. Di sana banyak anak-anak kecil dan remaja yang memperagakan menyelam ke laut tanpa ombak yang dapat menarik perhatian para wisatawan. Setelah Anda melewati area jembatan tersebut maka sampailah Anda pada Pulau Tidung Kecil yang di bagian depan pulau terdapat Hutan Mangrove. Setelah itu Anda akan melalui jalan setapak yang dipenuhi ilalang dan pasir putih yang sangat halus.

Hutan Mangrove tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan ekosistem pada Pulau Tidung Kecil. Hutan Mangrove tersebut sudah terbukti dapat melindungi pantai dari pengikisan sehingga sangat berguna bagi keberlangsungan dan keberadaan Pulau Tidung Kecil. Di momen tertentu, Anda dapat ikut berpartisipasi dalam acara menanam mangrove.

Selain Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, Anda juga dapat menemui beberapa objek wisata yang sangat menarik. Anda dapat mengunjungi Pantai Saung Perawan, Pulau Payung, dan juga yang sangat menarik adalah Taman Nasional Bawah Laut. Anda akan disuguhi panorama alam yang begitu terjaga dan masih asli. Wisata Pulau Tidung dapat menjadi alternatif destinasi wisata bagi Anda yang ingin suasana berbeda dari Kota Jakarta.