Skip to content

Inspirasi Usaha Makanan Tradisional Yang Kekinian

Usaha Makanan Tradisional

Jika Anda melihat fenomena yang ada, tentunya Anda tahu bahwa kini ada banyak sekali jenis usaha yang bergerak di bidang kuliner. Dan meski sudah banyak yang melakukan usaha kuliner tetap saja ada ide usaha kuliner terbaru yang bisa di lakukan untuk memenuhi kebutuhan selera masyarakat masa kini.

Nah jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha kuliner, mengapa tak mencoba ide usaha kuliner yang akan Kita bahas dalam artikel berikut ini? Kami akan membahas tentang bagaimana cara untuk menjalankan usaha kuliner tradisional namun dengan konsep kekinian. Mengapa makanan tradisional yang di pilih adalah karena saat ini jarang usaha kuliner yang mengangkat makanan tradisional sebagai menu utamanya. Padahal menu ini seharusnya di lestarikan agar supaya tidak hilang di telan perkembangan zaman.

Beberapa Cara Untuk Memulai Bisnis Kuliner Makanan Tradisional Yang Kekinian

Ada banyak sekali jenis makanan tradisional yang bisa Kita jadikan menu utama dalam usaha kuliner yang akan Kita jalankan. Dan Anda harus memilih salah satunya yang sekiranya bisa menarik minat konsumen sekaligus mampu menjadi ciri khas dari usaha kuliner milik Anda.

  • Resep warisan

Jika memungkinkan usahakan untuk membuat usaha kuliner dengan menu utama makanan tradisional yang dibuat dengan menggunakan resep warisan. Resep ini hanya Anda atau keluarga yang mengetahuinya sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen datang mencicipi menu masakan tradisional milik Anda.

  • Lokasi strategis

Kemudian cara selanjutnya adalah dengan menempatkan usaha kuliner Anda di tempat atau lokasi yang strategis. Dalam hal ini faktor lokasi memang sangat penting untuk di perhatikan. Terutama perhatikan pula apakah lokasi sekitar usaha kuliner Anda memungkinkan untuk menjadi tempat makan konsumen. Karena jelas tak mungkin jika Anda menempatkan usaha kuliner di lokasi yang berdekatan dengan pasar hewan atau tempat pembuangan sampah umum.

  • Harga

Dan cara yang terakhir adalah dengan memberikan harga bersaing dari menu makanan yang Anda jual. Usahakan harga yang Anda tetapkan menjadi harga yang terjangkau sehingga bisa di nikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Sediakan pula jenis menu makanan lainnya yang sekiranya bisa melengkapi menu makanan tradisional dalam usaha kuliner Anda. Konsep kekinian bisa Anda terapkan dengan menambahkan beberapa faktor kekinian dalam cara penyajian makanan atau dekorasi tempat usaha Anda.

Jangan lupa untuk bisa melayani konsumen dengan maksimal Anda juga harus bisa melakukan delivery order dengan ketentuan pesanan tertentu. Jangan lupa untuk memiliki kemasan khusus yang membuat ciri khas dari usaha kuliner Anda. Sehingga meskipun mereka tak memakan menu langsung di warung Anda namun paling tidak dari kemasan yang di pakai sudah menunjukkan di mana menu tersebut di beli. Hal itu akan menjadi sarana promosi tersendiri yang efektif untuk Anda gunakan.