Skip to content

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melaksanakan Aqiqah

Bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Muslim, tradisi aqiqah sudah mendarah daging. Tradisi ini dilakukan setelah seorang anak baru lahir dengan cara menyembelih kambing, memasaknya, lalu membagikannya ke saudara, kerabat, serta tetangga terdekat. Maka dari itu, bisnis jual kambing aqiqah akan selalu memiliki peminat di Indonesia.

Kambing yang disembelih untuk aqiqah tergantung pada jenis kelamin bayi. Untuk bayi laki-laki dibutuhkan 2 ekor kambing untuk aqiqah, sementara untuk bayi perempuan, cukup 1 ekor saja. Nah, bagi Anda yang hendak melaksanakan aqiqah ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Tips Memilih Kambing Aqiqah

Sebelum melaksanakan aqiqah, tentu saja Anda perlu memilih kambing mana yang cocok untuk Anda sembelih. Tentu saja, kriteria yang pertama adalah kambing tersebut harus dalam keadaan sehat dan tidak sedang terjangkit suatu penyakit apapun.

Kambing yang sehat akan tampak dari sisi fisiknya. Kambing tersebut nampak sehat, kuat, gemuk, dan bugar. Anda harus jeli dalam memilih kambing yang sehat di tempat jual kambing aqiqah, sebab ketelitian Anda saat membeli kambing tersebut sangat diperlukan.

Kemudian, Anda juga perlu mengetahui bahwa kambing yang akan Anda gunakan untuk aqiqah tersebut sudah cukup umur. Kambing yang cukup umur tubuhnya besar dan gemuk sehingga dagingnya banyak. Jangan membeli kambing yang masih di bawah umur karena kambing tersebut pasti memiliki tubuh yang kecil dan daging yang sedikit.

Dimana Membeli Kambing Aqiqah

Jika Anda sudah merencanakan untuk melaksanakan aqiqah, tapi Anda belum mengetahui dimana untuk membeli kambing aqiqah tersebut, maka Anda tak perlu khawatir. Tempat yang menyediakan kambing untuk aqiqah ini banyak tersebar dimana-mana.

Banyak peternakan kambing yang menyediakan kambing untuk aqiqah. Selain itu, di jaman yang modern ini, Anda bisa menemukan tempat jual kambing aqiqah secara online. Banyak penjual kambing aqiqah yang memasarkan kambingnya secara online. Anda hanya perlu menghubungi penjual kambing dan melakukan tawar menawar.