Skip to content

Fakta Seputar Pemberian ASI

Jika Anda ingin tahu cara meningkatkan produksi ASI, pertama-tama kita perlu mengajukan pertanyaan. Apakah produksi ASI Anda benar-benar rendah? Kebanyakan ibu cenderung berpikir bahwa persediaan susu mereka rendah, padahal sebenarnya tidak. Jika berat badan bayi bertambah hanya dengan menyusui sendiri, itu berarti Anda tidak memiliki masalah dengan pasokan ASI.

Fakta Tentang Meningkatkan Produksi ASI

Penting untuk diperhatikan bahwa ada hal-hal yang tidak menentukan apakah Anda memiliki cukup ASI atau tidak. Beberapa faktor yang menentukan antara lain adalah perilaku bayi Anda, rasa payudara, dan jumlah ASI yang Anda pompa.

Jika berat badan bayi bertambah atau bayi selalu buang air besar dengan lancar, maka hal-hal di bawah ini tidak menentukan bahwa Anda memiliki produksi ASI yang rendah. Anda tidak perlu meningkatkan produksi ASI jika:

  1. Bayi menyusui secara teratur

Bayi Anda menyusui secara teratur. Artinya adalah ASI dicerna dengan baik. Biasanya bayi hanya membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam untuk menyusui. Jadi, bayi yang menyusui secara teratur perlu makan lebih banyak daripada bayi yang diberi susu formula. Sebagian besar bayi memiliki kebutuhan yang kuat untuk menyusui. Selain itu, bayi harus melakukan kontak dengan ibu mereka terus menerus. Cara ini bisa membuat bayi merasa aman. Hal-hal itu normal untuk bayi.

  1. Frekuensi menyusui yang panjang

Bayi Anda mempunyai fase menyusui atau frekuensi menyusui yang panjang. Ini disebut sebagai percepatan dalam pertumbuhan. Merawat bayi saat bayi baru lahir sebenarnya lebih kepada bagaimana cara Anda meningkatkan suplai ASI Anda. Jika ini terjadi, maka Anda tidak perlu menggunakan susu formula. Jika Anda masih menggunakan susu formula pada bayi Anda, maka hal ini akan membuat tubuh Anda berpikir bahwa bayi tidak memerlukan susu ASI lagi dan hal tersebut akan mengurangi atau menghentikan pasokan ASI.

  1. Bayi tidak menangis saat menyusui

Jika bayi menangis pada saat menyusui, maka hal itu bisa berarti pasokan ASI memang sedikit atau bentuk puting payudara Anda tidak sesuai dengan mulut si kecil. Namun jika tidak menangis, maka ASI dan puting Anda baik-baik saja.